twitter

    Minggu, 03 November 2013

    UMUM

    SOAL:

    1.      Jelaskan mengapa disebut dengan “Bahasa Pemrograman”?
    2.      Sebut dan jelaskan berbagai macam bahasa pemrograman?
    3.      Jelaskan secara jelas perkembangan bahasa pemrograman!
    4.      Jelaskan apa itu algoritma?
    5.      Deskripsikan struktur dari algoritma?
    6.      Sebut dan jelaskan fungsi dari algoritma
    7.      Sebut dan jelaskan metode untuk mendeskripsikan algoritma?
    8.      Apa yang dimaksud dengan flowchart?
    9.      Sebutkan dan jelaskan symbol-simbol flowchart?
    10.  Jelaskan apa yang dimaksud pseudocode
    11. 
    12. 
    13.  Jelaskan perbedaan dari write, writeln, read, dan readln?
    14.  Buat essay “Pentingnya Teknologi Informatika Saat Ini”

    15.  Sebut dan jelaskan aturan-aturan dalam menuliskan perintah dalam eclipse


    JAWAB:
    1.       Karena bahasa pemrograman merupakan suatu sarana untuk berkomunikasi maupun berinteraksi dengan komputer. Lewat bahasa pemrograman inilah manusia dapat mengirimkan suatu perintah, maupun berkomunikasi dengan komputer dan komputer dapat memahami apa yang kita perintah, maka dari itu disebut “bahasa” yang dimana dengan bahasa manusia tidak hanya dapat berkomunikasi dengan sesama manusia saja, namun juga dapat dengan komputer dengan menggunakan suatu simbol atau ekspresi-ekspresi tertentu maupun kombinasi yang tersusun untuk menyelesaikan suatu masalah dengan logis dan sistematis

    2.      Bahasa Pemrograman:
    -          Object Oriented Language
    Visual foxpro 6.0 adalah termasuk kelompok objek oriented language. Sasaran utama yaitu model relasional. Model ini merupakan model yang sederhana. Object oriented language ini mudah dipahami dan sangat popular.
    -          High Level Language
    Mendekati bahasa manusia. Jadi kata yang dipakai mendekati bahasa manusia
    -          Middle Lever Language
    Contohnya bahasa C. Akarnya adalah bahasa BCPL. Bahasa ini lalu dikembangkan menjadi bahasa B lalu di kembangkan lagi menjadi bahasa C.
    -          Low Level Language
    Mirip dengan bahasa manusia tetapi yang disingkat. Misal HOLD AND LOAD menjadi HNL. Yang termasuk low level language adalah bahasa assembly. Biasanya memiliki hubungan 1-1 instruksi bahasa mesin

    3.       Tahun 1949 adalah awal dari perkembangan bahasa pemrograman dengan hadirnya Short Code(bahasa pemrograman komputer pertama). Dan masih berupa bahasa pemrograman manual. Tahun 1951, Grace Hopper mulai mendesain compiler bernama A-0. Tahun 1957, dirilis oleh Rand dengan nama Math-matic karena Grace bekerja pada Rand. Tahun 1952, Alick E. Glennie berhasil membuat programming system bernama AUTOCODE. Sekitar 1957, mathematical FORmula TRANslating (FORTRAN) dirilis dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah digunakan dan disenangi. John Backus mengetuai tim untuk membuat FORTRAN. Backus juga  memiliki konstribusi dalam pembuatan bahasa pemrograman ALGOL. Sekitar 1958, lahir FORTRAN II dan ALGOL. FORTRAN II ini mampu menjalankan perintah subroutines dan koneksi ke bahasa assembly. Tahun 1960, muncul ALGOL 60. ALGOL 60 ini sangat popular di Eropa pada tahun itu. Tahun 1962, Kenneth Iverson merilis APL (A Programming Language) dan FORTRAN IV dirilis. Tahun 1964, lahir APL/360 dan PL/1. Tahun 1965, muncul SNOBOL3. Tahun 1966, FORTRAN 66 dan LISP 2 lahir. Dan pada tahun 1967, lahir SNOBOL 4, ALGOL 68, ALTRAN, dan juga COBOL. Tahun 1975, Tiny BASIC dirilis oleh Bob Albrecht dan Dennis Allison. Pada tahun 1975 juga BASIC dirilis oleh Bill Gates dan Paul Allen yang akhirnya mereka jual ke MITS. Tahun 1978, AWK dirilis. Tahun 1980, Smalltalk-80, Modula-2, Franz LISPdirilis. Tahun 1982, ISO Pascal serta PostScript yang dirilis. Pada tahun 1983 dirilis bahasa pemrograman Ada.
    Nama “Ada” terinsppirasi dari nama Lady Augusta Ada Byron. Tahun 1986, selain Apple merilis Object Pascal, Borland merilis Turbo Prolog, juga dirilis bahasa pemrogramanC++ dan Eiffel. Tahun 1987, dirilis Turbo Pascal version 4.0. Dengan dirilisnya C++ 2.0 pada tahun 1989, dan C++ 2.1 pada tahun 1990, bahasa pemrograman C++ berkembang pesat. Ini bersamaan dengan dirilisnya FORTRAN 90. Tahun 1991, Microsoft kembali merilis Visual Basic. Hingga tahun ini, bahasa pemrograman terus berkembang dengan diilisnya Java 2 (versi 1.4), Python 2.2, J#, dan F#.

    4.      Algoritma adalah kumpulan perintah yang dapat diterjemahkan dari awal hingga akhir secara bertahap.  Terdapat beberapa kriteria kondisi awal yang wajib dipenuhi sebelum menjalankan algoritma untuk setiap masalah. Algoritma mempunyai langkah pengulangan (iterasi) sampai tugasnya benar-benar selesai sampai memenuhi kriteria.

    5.      Struktur algoritma terbagi menajdi 3 macam, yaitu:

    -          Struktur sekuensial à instruksi dikerjakan satu persatu. Tidak ada instruksi yang diulang
    -          Struktur seleksi à instruksi ini untuk memilih aksi berdasarkan syarat-syarat tertentu
    -          Struktur pengulangan à instruksi ini untuk mengulang instruksi dan dilakukan berulang-ulang

    6.      Menurut bahasa, algoritma berarti logika. Algoritma berfungsi untuk membiasakan otak kita berfikir panjang, agar analisis kita lebih kuat, dan agar memperkuat cara berfikir kita.

    7.      Metode algoritma:

    -          Flowchart: diagram yang menggunakan anak panah untuk penunjuk arah proses
    -          Pseudocode: deskripsi ringkas algoritma yang ditunjukan untuk dibaca manusia
    8.      Flowchart adalah diagram yang biasanya memakai anak panah untuk penunjuk arah proses
    9.       
    10.  Pseudocode adalah deskripsi singkat atau ringkas algoritma yang ditujukan untuk dibaca manusia
    11.   
    12.   
    13.   
    -          Write: perintah yang biasanya digunakan untuk penulisan output. Write ini tidak menambah C. Hasilnya akan ditamilkan tanpa ganti baris
    -          Writeln: perintah untuk penulisan output. Writeln menambah CR. Dan akan berganti baris untuk tampilan berikutnya.
    -          Read: perintah untuk menerima input. Read ini tidak membaca end of line marker. Data yang terbuang akan diberikan ke yang berikutnya.
    -          Readln: perintah untuk menerima input. Read ini membaca end of line marker. Tetapi jika ada yang tak berguna, akan dibuang
    14.   

    15.  Aturan-aturan dalam menuliskan perintah psds eclipse: menulisksnnya tidak boleh ambigu / bermakna ganda agar sistem tidak salah dalam menerima informasi yang diberikan.




    0 komentar:

    Posting Komentar