1. Jelaskan
mengapa disebut dengan “Bahasa Pemrograman”?
2. Sebut
dan jelaskan berbagai macam bahasa pemrograman?
3. Jelaskan
secara jelas perkembangan bahasa pemrograman!
4. Jelaskan
apa itu algoritma?
5. Deskripsikan
struktur dari algoritma?
6. Sebut
dan jelaskan fungsi dari algoritma
7. Sebut
dan jelaskan metode untuk mendeskripsikan algoritma?
8. Apa
yang dimaksud dengan flowchart?
9. Sebutkan
dan jelaskan symbol-simbol flowchart?
10. Jelaskan
apa yang dimaksud pseudocode
11. –
12. –
13. Jelaskan
perbedaan dari write, writeln, read, dan readln?
14. Buat
essay “Pentingnya Teknologi Informatika Saat Ini”
15. Sebut
dan jelaskan aturan-aturan dalam menuliskan perintah dalam eclipse
1.
Karena bahasa pemrograman merupakan suatu
sarana untuk berkomunikasi maupun berinteraksi dengan komputer. Lewat bahasa
pemrograman inilah manusia dapat mengirimkan suatu perintah, maupun
berkomunikasi dengan komputer dan komputer dapat memahami apa yang kita
perintah, maka dari itu disebut “bahasa” yang dimana dengan bahasa manusia
tidak hanya dapat berkomunikasi dengan sesama manusia saja, namun juga dapat dengan
komputer dengan menggunakan suatu simbol atau ekspresi-ekspresi tertentu maupun
kombinasi yang tersusun untuk menyelesaikan suatu masalah dengan logis dan
sistematis
2. Bahasa
Pemrograman:
-
Object Oriented Language
Visual
foxpro 6.0 adalah termasuk kelompok objek oriented language. Sasaran utama
yaitu model relasional. Model ini merupakan model yang sederhana. Object oriented
language ini mudah dipahami dan sangat popular.
-
High Level Language
Mendekati
bahasa manusia. Jadi kata yang dipakai mendekati bahasa manusia
-
Middle Lever Language
Contohnya
bahasa C. Akarnya adalah bahasa BCPL. Bahasa ini lalu dikembangkan menjadi
bahasa B lalu di kembangkan lagi menjadi bahasa C.
-
Low Level Language
Mirip
dengan bahasa manusia tetapi yang disingkat. Misal HOLD AND LOAD menjadi HNL. Yang
termasuk low level language adalah bahasa assembly. Biasanya memiliki hubungan
1-1 instruksi bahasa mesin
3.
Tahun 1949 adalah awal dari perkembangan
bahasa pemrograman dengan hadirnya Short Code(bahasa pemrograman komputer
pertama). Dan masih berupa bahasa pemrograman manual. Tahun 1951, Grace Hopper mulai
mendesain compiler bernama A-0. Tahun 1957, dirilis oleh Rand dengan nama
Math-matic karena Grace bekerja pada Rand. Tahun 1952, Alick E. Glennie berhasil
membuat programming system bernama AUTOCODE. Sekitar 1957, mathematical FORmula
TRANslating (FORTRAN) dirilis dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang
mudah digunakan dan disenangi. John Backus mengetuai tim untuk membuat FORTRAN.
Backus juga memiliki konstribusi dalam
pembuatan bahasa pemrograman ALGOL. Sekitar 1958, lahir FORTRAN II dan ALGOL. FORTRAN
II ini mampu menjalankan perintah subroutines dan koneksi ke bahasa assembly. Tahun
1960, muncul ALGOL 60. ALGOL 60 ini sangat popular di Eropa pada tahun itu. Tahun
1962, Kenneth Iverson merilis APL (A Programming Language) dan FORTRAN IV
dirilis. Tahun 1964, lahir APL/360 dan PL/1. Tahun 1965, muncul SNOBOL3. Tahun
1966, FORTRAN 66 dan LISP 2 lahir. Dan pada tahun 1967, lahir SNOBOL 4, ALGOL
68, ALTRAN, dan juga COBOL. Tahun 1975, Tiny BASIC dirilis oleh Bob Albrecht
dan Dennis Allison. Pada tahun 1975 juga BASIC dirilis oleh Bill Gates dan Paul
Allen yang akhirnya mereka jual ke MITS. Tahun 1978, AWK dirilis. Tahun 1980, Smalltalk-80,
Modula-2, Franz LISPdirilis. Tahun 1982, ISO Pascal serta PostScript yang
dirilis. Pada tahun 1983 dirilis bahasa pemrograman Ada.
Nama
“Ada” terinsppirasi dari nama Lady Augusta Ada Byron. Tahun 1986, selain Apple merilis
Object Pascal, Borland merilis Turbo Prolog, juga dirilis bahasa pemrogramanC++
dan Eiffel. Tahun 1987, dirilis Turbo Pascal version 4.0. Dengan dirilisnya C++
2.0 pada tahun 1989, dan C++ 2.1 pada tahun 1990, bahasa pemrograman C++
berkembang pesat. Ini bersamaan dengan dirilisnya FORTRAN 90. Tahun 1991,
Microsoft kembali merilis Visual Basic. Hingga tahun ini, bahasa pemrograman
terus berkembang dengan diilisnya Java 2 (versi 1.4), Python 2.2, J#, dan F#.
4. Algoritma
adalah kumpulan
perintah yang dapat diterjemahkan dari awal hingga akhir secara bertahap. Terdapat beberapa kriteria kondisi awal yang wajib
dipenuhi sebelum menjalankan algoritma untuk setiap masalah. Algoritma
mempunyai langkah pengulangan (iterasi) sampai tugasnya benar-benar selesai
sampai memenuhi kriteria.
5. Struktur
algoritma terbagi menajdi 3 macam, yaitu:
-
Struktur sekuensial
à instruksi dikerjakan satu persatu. Tidak ada
instruksi yang diulang
-
Struktur seleksi à instruksi ini untuk memilih aksi berdasarkan
syarat-syarat tertentu
-
Struktur pengulangan
à instruksi ini untuk mengulang instruksi dan
dilakukan berulang-ulang
6. Menurut
bahasa, algoritma berarti logika. Algoritma berfungsi untuk membiasakan otak
kita berfikir panjang, agar analisis kita lebih kuat, dan agar memperkuat cara
berfikir kita.
7. Metode
algoritma:
-
Flowchart:
diagram yang menggunakan anak panah untuk penunjuk arah proses
-
Pseudocode:
deskripsi ringkas algoritma yang ditunjukan untuk dibaca manusia
8. Flowchart adalah diagram yang biasanya memakai
anak panah untuk penunjuk arah proses
9.
10. Pseudocode
adalah deskripsi singkat atau ringkas algoritma yang ditujukan untuk dibaca
manusia
11.
12.
13.
-
Write: perintah
yang biasanya digunakan untuk penulisan output. Write ini tidak menambah C. Hasilnya
akan ditamilkan tanpa ganti baris
-
Writeln: perintah
untuk penulisan output. Writeln menambah CR. Dan akan berganti baris untuk
tampilan berikutnya.
-
Read: perintah
untuk menerima input. Read ini tidak membaca end of line marker. Data yang
terbuang akan diberikan ke yang berikutnya.
-
Readln: perintah
untuk menerima input. Read ini membaca end of line marker. Tetapi jika ada yang
tak berguna, akan dibuang
14.
15. Aturan-aturan
dalam menuliskan perintah psds eclipse: menulisksnnya tidak boleh ambigu /
bermakna ganda agar sistem tidak salah dalam menerima informasi yang diberikan.
0 komentar:
Posting Komentar