Tutorial Pembuatan Program Game Koplak
Assalamualaikum. wr.wb
Kali ini kami akan membahas bagaimana cara pembuatan program Aplikasi Game Koplak dengan menggunakan program Java Eclipse.
Seperti yang kita ketahui eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).
Dengan Eclipse, kita dapat membuat berbagai macam aplikasi dengan
menggunakan bahasa pemrograman Java. Namun sebelum membuat program, kita
harus terlebih dahulu membuat algoritma berupa flowchart dan pseudocode
terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memaparkan rangkaian cara-cara
yang bertahap, sistematis dan logis untuk memecahkan suatu masalah
dalam pemrograman.1.) Flowchart Aplikasi Game Koplak
2.) Pseudocode Aplikasi Game Koplak
Algoritma
Game_Koplak
{cara
membuat aplikasi game koplak}
Deklarasi
Jumlah1
= 1000, Jumlah2 = 1000, Jawaban1, jawaban2, jawaban3 : integer
Dekripsi
Read
(jawaban1)
If
jawaban1 = 1 then
Write("Jawaban
anda SALAH !!")
End if
If jawaban1 = 2
then
Write("Jawaban
anda SALAH !!")
End if
If jawaban1 = 3
then
do
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write("____________ []
")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ___________________ ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" [] ")
Write(" (..) ")
Write(" oo ")
jumlah1--
while (jumlah1>1)
else
Write(“error”)
Write("Selamat Jawaban
Anda Benar!")
If jawaban2 = 1 then
Write("Apa
nama hewan tidak mempunyai kaki?")
Write("1. Kadal")
Write("2. Ular")
Write("3. Landak")
End if
If jawaban2 = 2
Write("Terima Kasih
Sudah Memainkan Game ini!!")
End if
If jawaban3 = 1 then
Write("Jawaban anda
SALAH !!")
End if
If
jawaban3 = 2 then
do
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| o0o ||")
Write("|| (*.*) ||")
Write("|| ^ ||")
jumlah2--
while (jumlah2>1)
End if
If
jawaban3 = 3 then
Write("Jawaban
anda SALAH !!")
Else
Write(“error”)
End
3.) Coding Game Koplak
package games;
import java.util.Scanner;
public class games {
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
int jumlah1 = 1000,jumlah2 = 1000, jawaban1, jawaban2, jawaban3;
Scanner ulat = new Scanner(System.in);
System.out.println("======================================================");
System.out.println("********SELAMAT DATANG DI PERMAINAN KOPLAK INI******"); System.out.println("=======================================================");
System.out.println("Berikut adalah pertanyaannya : ");
System.out.println("Apa nama larva kupu-kupu : ");
System.out.println("1. Ular");
System.out.println("2. Pupa");
System.out.println("3. Ulat");
jawaban1 = ulat.nextInt();
if (jawaban1 == 1){
System.out.println("Jawaban anda SALAH !!");
}
else {
System.out.println("error");
}
if (jawaban1 == 2){
System.out.println("Jawaban anda SALAH !!");
}
else if (jawaban1 == 3){
do{
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println("____________ [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ___________________ ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" (..) ");
System.out.println(" oo ");
jumlah1--;
}
while (jumlah1>1);
System.out.println("Selamat Jawaban Anda Benar!");
System.out.println();
System.out.println();
System.out.println("Apakah anda ingin mulai lagi dengan pertanyaan yang berbeda? (ya tekan 1 / tidak tekan 2)");
jawaban2 = ulat.nextInt();
if (jawaban2 == 1){
System.out.println("Apa nama hewan tidak mempunyai kaki?");
System.out.println("1. Kadal");
System.out.println("2. Ular");
System.out.println("3. Landak");
}
else if (jawaban2 == 2){
System.out.println("***TERIMA KASIH SUDAH BERMAIN GAME KOPLAK INI***");
}
jawaban3 = ulat.nextInt();
if (jawaban3 == 1){
System.out.println("Jawaban anda SALAH !!");
}
else if (jawaban3 == 2){
do{
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| (*.*) ||");
System.out.println("|| ^ ||");
jumlah2--;
}
while (jumlah2>1);
System.out.println("Selamat Jawaban Anda Benar Lagi!");
}
else if (jawaban3 == 3){
System.out.println("Jawaban anda SALAH !!");
}
else{
System.out.println("error");
}
System.out.println();
System.out.println();
System.out.println("****TERIMA KASIH SUDAH BERMAIN GAME KOPLAK INI****");
}
}
}
4.) Tampilan Input dan Output Aplikasi Game Koplak
import java.util.Scanner;
public class games {
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
int jumlah1 = 1000,jumlah2 = 1000, jawaban1, jawaban2, jawaban3;
Scanner ulat = new Scanner(System.in);
System.out.println("======================================================");
System.out.println("********SELAMAT DATANG DI PERMAINAN KOPLAK INI******"); System.out.println("=======================================================");
System.out.println("Berikut adalah pertanyaannya : ");
System.out.println("Apa nama larva kupu-kupu : ");
System.out.println("1. Ular");
System.out.println("2. Pupa");
System.out.println("3. Ulat");
jawaban1 = ulat.nextInt();
if (jawaban1 == 1){
System.out.println("Jawaban anda SALAH !!");
}
else {
System.out.println("error");
}
if (jawaban1 == 2){
System.out.println("Jawaban anda SALAH !!");
}
else if (jawaban1 == 3){
do{
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println("____________ [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ___________________ ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" [] ");
System.out.println(" (..) ");
System.out.println(" oo ");
jumlah1--;
}
while (jumlah1>1);
System.out.println("Selamat Jawaban Anda Benar!");
System.out.println();
System.out.println();
System.out.println("Apakah anda ingin mulai lagi dengan pertanyaan yang berbeda? (ya tekan 1 / tidak tekan 2)");
jawaban2 = ulat.nextInt();
if (jawaban2 == 1){
System.out.println("Apa nama hewan tidak mempunyai kaki?");
System.out.println("1. Kadal");
System.out.println("2. Ular");
System.out.println("3. Landak");
}
else if (jawaban2 == 2){
System.out.println("***TERIMA KASIH SUDAH BERMAIN GAME KOPLAK INI***");
}
jawaban3 = ulat.nextInt();
if (jawaban3 == 1){
System.out.println("Jawaban anda SALAH !!");
}
else if (jawaban3 == 2){
do{
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| o0o ||");
System.out.println("|| (*.*) ||");
System.out.println("|| ^ ||");
jumlah2--;
}
while (jumlah2>1);
System.out.println("Selamat Jawaban Anda Benar Lagi!");
}
else if (jawaban3 == 3){
System.out.println("Jawaban anda SALAH !!");
}
else{
System.out.println("error");
}
System.out.println();
System.out.println();
System.out.println("****TERIMA KASIH SUDAH BERMAIN GAME KOPLAK INI****");
}
}
}
4.) Tampilan Input dan Output Aplikasi Game Koplak
setelah dibuka maka akan muncul pertanyaan, lalu jawab pertanyaan tersebut dengan benar
seperti inilah tampilan yang akan keluar jika jawabannya benar, lalu kita disuruh memilih untuk melanjutkan game atau tidak
terus jawab dengan benar pertanyaan yang muncul
beginilah tampilan yang akan muncul jika anda benar lagi
Sekian tutorial pembuatan program Aplikasi Game Koplak dengan menggunakan Eclipse. Mudah bukan?
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.
Wassalamualaikum wr.wb
0 komentar:
Posting Komentar