Soal Modul 2:
1.
Jelaskan yang anda ketahui mengenai
variabel dalam bahasa pemrogaman java!
2.
Jelaskan fungsi variabel serta
implementasinya pada penugasan!
3.
Sebutkan 6 persyaratan yang harus
diperhatikan dalam penentuan nama variabel!
4.
Jelaskan Perbedaan tipe data float dan
double!
5.
Apa yang dimaksud dengan tipe data
primitif dan tipe data objek? Jelaskan serta berikan contohnya!
6.
Apakah yang dimaksud dengan operator
dalam pemrograman?
7.
Sebut dan jelaskan jenis-jenis operator
yang ada di Java!
8.
Jelaskan perbedaan variabel dengan
konstanta pada java!
9.
Jelaskan yang dimaksud dengan:
a) Inisialisasi
variabel
b) Konstanta
c) Class
d) Class
variabel
e) Instance
variabe
10. Buatlah codig sebuah program sederhana untuk menghitung luas segitiga dengan menginputkan alas dan tinggi segitiga!
10. Buatlah codig sebuah program sederhana untuk menghitung luas segitiga dengan menginputkan alas dan tinggi segitiga!
Jawab!
1.Variabel adalahobjek penelitian yang bervariasi dan
berisi data-data. Pada java, variabel adalahsatuan “tempat” penyimpanan.
2. Fungsi variabel merupakan sesuatu yang dapat menampung nilai dimana nilainya dapat berubah-ubah. implementasinya sendiri harus mendeklarasikan tipe data yang ditampung dalam variable terlebih dahulu.
3. Dimulai dengan sebuah huruf, setiap kata harus
dipisahkan dengan underscore “_”, spasi kosong tidak diperbolehkan, tidak ada
batas maksimal,
4. Tipe float digunakan untuk menandakan angka dengan
ketelitian tunggal, sedangkan double mengandung ketelitian ganda. Tipe float
memakai ruang penyimpanan 32-bit , sedangkan tipe double memakai 64-bit. Dan
yang paling penting adalah tipe double lebih akurat dibanding dengan tipe
float.
5. Tipe data primitif: tipe data yang memiliki
nilai tertentu dan bukan merupakan suatu objek.
-
Integer
-
Float
-
Char
-
Boolean
-
Byte
-
Short
-
Long
-
Double
Tipe
data objek: tipe data yang dapat mendefinisikan tipe data( berupa objek). Tipe
data ini sama seperti string, digunakan untuk mereferensikan objek.
6. Operator dalam pemrograman adalah suatu simbol atau
perangkat yang digunakan atau bertugas untuk melaksanakan suatu program atau peralatan.
7.
Jenis-jenis operator yang ada di java:
-
Operator aritmatika: operator yang mempelajari
operasi dasar bilangan
-
Operator penugasan: operator yang dapat juga
disebut operator pembanding karena digunakan untuk membandingkan
-
Operator logika: operator yang mempunyai
hubungan dengan operator penugasan karena untuk membandingkan sesuatu
membutuhkan logika
Operator
unary: operator yang berguna untuk memanipulasi
8. Perbedaan variabel dan konstanta:
Variable: nama atau simbol untuk menyimpan
suatu nilai tertentu yang bisa berubah
Konstanta:
nama untuk menyimpan suatu nilai
tertantu yang tidak bisa berubah
9. a Inisialisasi variabel: inisial atau simbol
yang dijadikan default sebelum nilai variabel diganti
dengan
nilai lain
b. Konstanta:
nama untuk menyimpan suatu nilai tertantu yang tidak bisa berubah
c. class: tempat dimana individu yang memiliki jenis yang
sama berkumpul dan merupakan “blueprint” dimana individu itu diciptakan
d. class variable: variabel yang ada atau terdefinisi di
sebuah atau di suatu kelas. Variabel kelas harus memiliki kata kunci sebagai
pengubah dan berbeda dari variabel instan
e. instance
variabel: variabel yang didefinisikan tanpa madofikasi di kelas yang punya salinan
terpisah
10.
package triangle;
import java.io.*;
public class TR {
/**
* @param args
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
BufferedReader br = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
String alas = null;
String tinggi = null;
try {
System.out.println("masukkan alas :");
alas = br.readLine();
System.out.println("masukkan tinggi :");
tinggi = br.readLine();
} catch (IOException ioe){
System.exit(1);
}
double a;
double b;
double c;
a = Double.parseDouble (alas);
b = Double.parseDouble (tinggi);
c = a*b*1/2;
System.out.println("hasil :" + c);
}
}
package triangle;
import java.io.*;
public class TR {
/**
* @param args
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO Auto-generated method stub
BufferedReader br = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
String alas = null;
String tinggi = null;
try {
System.out.println("masukkan alas :");
alas = br.readLine();
System.out.println("masukkan tinggi :");
tinggi = br.readLine();
} catch (IOException ioe){
System.exit(1);
}
double a;
double b;
double c;
a = Double.parseDouble (alas);
b = Double.parseDouble (tinggi);
c = a*b*1/2;
System.out.println("hasil :" + c);
}
}
0 komentar:
Posting Komentar