twitter

    Minggu, 03 November 2013

    MODUL 2

    Soal Modul 2:
                      1.      Jelaskan yang anda ketahui mengenai variabel dalam bahasa pemrogaman java!
                      2.      Jelaskan fungsi variabel serta implementasinya pada penugasan!
                      3.      Sebutkan 6 persyaratan yang harus diperhatikan dalam penentuan nama variabel!
                      4.      Jelaskan Perbedaan tipe data float dan double!   
                      5.      Apa yang dimaksud dengan tipe data primitif dan tipe data objek? Jelaskan serta berikan contohnya!
                      6.      Apakah yang dimaksud dengan operator dalam pemrograman?
                      7.      Sebut dan jelaskan jenis-jenis operator yang ada di Java!
                      8.      Jelaskan perbedaan variabel dengan konstanta pada java!
                      9.      Jelaskan yang dimaksud dengan:
    a)      Inisialisasi variabel
    b)      Konstanta
    c)      Class
    d)     Class variabel
    e)      Instance variabe
    10.  Buatlah codig sebuah program sederhana untuk menghitung luas segitiga dengan menginputkan alas dan tinggi segitiga!

     Jawab!

    1.Variabel adalahobjek penelitian yang bervariasi dan berisi data-data. Pada java, variabel adalahsatuan “tempat” penyimpanan.

    2. Fungsi variabel merupakan sesuatu yang dapat menampung nilai dimana nilainya dapat berubah-ubah. implementasinya sendiri harus mendeklarasikan tipe data yang ditampung dalam variable terlebih dahulu.

    3. Dimulai dengan sebuah huruf, setiap kata harus dipisahkan dengan underscore “_”, spasi kosong tidak diperbolehkan, tidak ada batas maksimal,

    4. Tipe float digunakan untuk menandakan angka dengan ketelitian tunggal, sedangkan double mengandung ketelitian ganda. Tipe float memakai ruang penyimpanan 32-bit , sedangkan tipe double memakai 64-bit. Dan yang paling penting adalah tipe double lebih akurat dibanding dengan tipe float.

    5. Tipe data primitif: tipe data yang memiliki nilai tertentu dan bukan merupakan suatu objek.
    -          Integer
    -          Float
    -          Char
    -          Boolean
    -          Byte
    -          Short
    -          Long
    -          Double
    Tipe data objek: tipe data yang dapat mendefinisikan tipe data( berupa objek). Tipe data ini sama seperti string, digunakan untuk mereferensikan objek.

    6.  Operator dalam pemrograman adalah suatu simbol atau perangkat yang digunakan atau bertugas untuk melaksanakan suatu program atau peralatan.  

    7.  Jenis-jenis operator yang ada di java:
    -          Operator aritmatika: operator yang mempelajari operasi dasar bilangan
    -          Operator penugasan: operator yang dapat juga disebut operator pembanding karena digunakan untuk membandingkan
    -          Operator logika: operator yang mempunyai hubungan dengan operator penugasan karena untuk membandingkan sesuatu membutuhkan logika
    Operator unary: operator yang berguna untuk  memanipulasi

     8. Perbedaan variabel dan konstanta:    Variable: nama atau simbol untuk menyimpan suatu nilai tertentu yang bisa berubah Konstanta:  nama untuk menyimpan suatu nilai tertantu yang tidak bisa berubah

    9. a Inisialisasi variabel: inisial atau simbol yang dijadikan default sebelum nilai variabel diganti dengan nilai  lain
    b. Konstanta:  nama untuk menyimpan suatu nilai tertantu yang tidak bisa berubah
    c. class: tempat dimana individu yang memiliki jenis yang sama berkumpul dan merupakan “blueprint” dimana individu itu diciptakan 
    d. class variable: variabel yang ada atau terdefinisi di sebuah atau di suatu kelas. Variabel kelas harus memiliki kata kunci sebagai pengubah dan berbeda dari variabel instan
    e. instance variabel: variabel yang didefinisikan tanpa madofikasi di kelas yang punya salinan terpisah

    10.  
    package triangle;

    import java.io.*;

    public class TR {

        /**
         * @param args
         */
        public static void main(String[] args) {
            // TODO Auto-generated method stub
           
           
           
            BufferedReader br = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
            String alas = null;
            String tinggi = null;
           
            try {
                System.out.println("masukkan alas :");
                alas = br.readLine();
                System.out.println("masukkan tinggi :");
                tinggi = br.readLine();
           
            } catch (IOException ioe){
                System.exit(1);
            }
           
            double a;
            double b;
            double c;
           
           
            a = Double.parseDouble (alas);
            b = Double.parseDouble (tinggi);   
            c = a*b*1/2;
           
            System.out.println("hasil :" + c);
           
        }

    }

    0 komentar:

    Posting Komentar